Wednesday, August 8, 2007

3 Motivasi Kuat untuk Orang Membli

Masih dari bukunya Johanes LIM, ada 3 motivasi yang kuat yang menyebabkan orang membeli. Pertama adalah bahwa barang/jasa yang dibeli mempunyai manfaat yang lebih besar dibanding dengan nilai uang yang dikeluarkan. Kata pembeli saya dapet barang yang murah karena nilainya lebih tinggi dari harga belinya. murah dan mahal akan jadi relatif dengan nilai manfaatnya. Dengan memahami hal ini pemasar mestinya tidak usaha kecil hati menawarnkan barang/jasa dengan hartga berapapun, selama yakin dan bisa meyakinkan prospek bahwa manfaat yang diterima lebih besar dari harga belinya.

Motivasi kedia adalah bhw produk yang ditawarkan membuat pembeli merasa lebih senang/bahagia dibanding dengan sebelum memiliki produk tersebut. Ini terkait dengan fakor emosi seseorang, entah dpt meningkatkan rasa bangga atau meningkatnkan citradiri.

Motovasi ketiga, mirip dgn yang kedua, adalah bahwa produk yg ditawarkan dapat mengatasi persoalan hidup si pembeli. Ini bersifat emosional teknis. Misalnya produk yg relevan dengan masalah kesehatan, karier atau bisnis.

No comments: