Wednesday, August 8, 2007

5 Alasan Orang Gak Beli dari Kita

Dari Buku Johanes LIM, ada 5 alasan mengapa orang gak beli dari kita. Dengan memahami alasan-alasan ini kita dapat menetapkan cara untuk mensiasatinya.

Alasan pertama karena dia gak butuh dan juga gak punya duit. Ya udah, gak usah repot-repot. Lha wong dianya gak punya duit, juga gak butuh. Tinggal saja.

Alasan kedua karena dia gak punya duit tapi sebenarnya butuh sih. Bisa aja disiasati dengan pembayaran cicilan, tapi tergantung apakah kita punya toleransi tentang cara pembayarannya.

Alasan ketiga karena dia gak butuh walaupun sebenranya punya uangnya. Nah ini, bagi pemasar yang canggih kita akan membuatnya jadi butuh dan terus mbeli dari kita.

Alasan keempat karena dia punya uang tapi gak mau beli dari kita karena menurut persepsinya manfaat yg kita tawarkan kuran. Ini perlu diklarifikasi soal persepsinya. Jelaskan dengan fakta dan dukung dengan bukti yang relevan agar ia percaya akan manfaat dan kemudian membeli.

Alasan kelima karena diapunya uang, butuh produk yang ditawarkan tapi gak mau beli dari kita karena tidak percaya terhadap penawaran kita. Ini penting untuk melakukan introspeksi. Cari jawaban mengapa dia gak percaya. Jika karena curiga atau skepstis segera perbaiki, minta maaf dan jika sudah yakin tanyakan secara terbuka.

Kata Johanes LIM, fokuskan marketing terhadap tipe keempat dan kelima saja agar hsl penjualan efektif dan meningkat dengan cepat. Disini akan dibutuhkan Hypnosis in Selling, yaitu menggunakan psikologi persuasi dengan cara mempengaruhi pikiran orang.

No comments: