Wednesday, August 8, 2007

Rombak Karyawan

Masalah karyawan sangat krusial bagi usaha yang dilepas. Sebenarnya saya sdh menyerahkan ke keponakan saya untuk mengelola usaha saya. Tiga unit Depot Isi Ulang Air Galon dan 2 Unit Usaha Isi Ulang Pulsa. Dalam perjalanan banyak hal yang perlu diperbaiki.

Setelah satu unit depot isi ualng air saya pindahkan, saya punya masalah lagi dengan 2 karyawan di depot yang sekaligus konter pulsa. Ada yang gak beres karena keponakan saya gak mampu menghandle semua unit usaha sekali gus. Akhirnya kontrol karywan keteter (gak termanaj dgn baik). Uang kas bon makin meningkat. Duit kepake makin besar. Catatan penjualan dimanipulasi. Pokoknya gak beres dah. Air dilipet duit dipake. Bayangin aja pengisian air baku 11 hari sekali. Mestinya rata-rata penjualan diatas 35 galon per hari. Catatan dan duitnya cuma sedikit di atas 20 galon per hari. Duitnya gak ada lagi.

Begitu juga dengan penjualan pulsa. Ada yang utang gak bayar-bayar. Ada yang catatannya gak bener. Ada yang duitnya kepake. Dsb-dsb.
Ya udah konter pula tutp dulu untuk sementara. Emang konsumen pada tanya. Satu-satunya cara adalah behentikan pegawai. Dua-duanya sdh kasih signal. Ada yang mo sekolah lagi ada yang ,mo kerja ditenpat lain jadi satpam. Yang satu beres, artinya gak ada duit yang nyangkut. Yg satunya gak bisa dikejar, Mash ada 500rb-an yang nyangkut.

Sutralah.. Untungnya saya masih bisa cari tenaga dari luar. Saya dpt yang menurut saya kerjanya rajin dan sistematis. Mudah2an jujur. Tenaga lokal tetap saya pake. Rundingan dengan tokoh setempat, saya dapat seorang yang kepingin kerja, yg selama ini berbakti di mesjid sebagai marbot. Mudah2an memnuhi kriteria saya. Rajin dan jujur. Alhamdulillah sekarang sdh bisa tembus 84 galon, dan rata-rata harian sdh di atas 40 galon. Minggu lalu 9 hari sdh isi air baku. Minggu ini kayaknya bisa 8 hari.

Mudah-mudahan terus bisa melayani masyrakat, bisa memberikan penghasilan bagi yang bekerja dan modal saya bisa balik. Amin.

No comments: