Wednesday, August 8, 2007

Hasil dari Rumah Kontrakan

Sampe hari ini saya baru punya 1 rumah kontrakan sederhana, terdiri atas 2 km tidur, km tamu, dapur dan km mandi. Dibangun di atas tanah 50m2 dgn bangunan seluas 36 m2. Biaya investasi bangunan 25 juta. Selain itu ada 2 pintu rumah kontrakan msg2 terdiri atas 1 ruang tamu, km tidu, dapur (kecil) dan kamar mandi yang bergandengan dengan 2 kios msg2 berukuran 4 x 4,5m.

Alhamdulillah semua sudah terisi, ada penyewanya. Rumah mungikl,kata keponakan saya rumah berbie, disewa 5,5jt per tahun. Sebenarnya sdh menghasilkan 7,3jt sampai akhir november ini krn penyewa pertama cuma tinggal untuk 3 bln. Dua rumah petak juga sudah terisi gak lama setelah selesai dibangun. Bahkan satu kios sudah diisi sebelum semua bangunan jadi. Rumah petak saya sewakan 1,1jt/3 bln dengan jaminan 100rb untuk listrik. Satu penyewa sudah memasuki masa 3 bln kedua. Karena maunya bayar bulanan saya minta 375rb per bulan.

Kios pertama yang diisi digunakan untuk jualan alat-alat listrik. Ini usaha adik ipar saya. Kemudian, dia tambah dengan jual eceran bensin. Satu kios lagi saya pake krn sduah beberapa prospek yang tanya tapi gak ada tindak lanjut. Ini saya gunakan untuk Depot air isi ulang yang saya pindahkan dari Jl. KH M Usman.

Kalo dihitung bulanan, penghasilan dari rumah kontrakan masih kecil. Klo rumah berbei bisa dapat 500rb, 2 rumah petak 750rb dan kios 750rb, total semuanya baru 2 jt per bulan. Isteri saya mengalokasikan 300rb utk bapak. Jadi msh ada 1,7jt. Toh semua pengeluaran ditanggung oleh penyewa. Biaya investasi yang saya keluarkan sekitar 90jt, hsl jual mobil taruna (65jt) ditambah 25jt untuk rumah berbie.

No comments: